Kamis, 12 April 2012

cara membuat alat pancing sederhana


Sebelum masuk dalam bahasan mengenai cara sederhana membuat joran (custom rod), ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tiga kategori pada batang sebuah joran (blank rod). Ini sangat berhubungan apabila kita hendak membuat sebuah joran dengan tipe yang berbeda.
Custom Fishing Rods
Kita ingin membuat pada jenis apa dan diperuntukan untukmancing danteknik mancingapa, misal untukmancing ikan masatau mancing laut. Hal pertama yang mesti dipersiapkan untuk melakukan tahap pertama, yaitu persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan sepertiblank rod (baik itu dari bahan fiber, carbon, bamboo, batang pohon weregu atau grafit), lem epoxy, benang untuk melilit/memegang ring guide atau biasa disebut dengan wrapping line, media papan yang dibuat khusus berbentuk seperti garpu / trisula 2 cabang untuk memutar saat proses wrapping dan mengelem hasil wrapping dengan epoxy.
Blank rod terbagi menjadi tiga, yaitu fast tapper (lengkung di ujung), medium tapper (lengkung di tengah) dan soft tapper (sampai ke bagian bawah joran). Tipe fast tapper cenderung kaku dan letak kelengkungan atau beban ada pada bagian ujung joran, tipe medium memiliki tingkat kekakuan sedang dan letak lengkungan atau beban ada pada bagian tengah joran dan tipe soft merupakanjoran lentur dan letak lengkung merata hingga bagian bawah joran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar